Tuesday, 31 December 2013


Gurita animal Vector


By on 02:31



Belajar design dengan tutorial corel draw
Gurita Vector

Hallo sahabat tazkians lanjut dari postingan sebelumnya masih tentang design nih kita punya tutor baru buat gurita vector, yang mau coba peraktek langsung liat aja yuk tutornya,,,
jangan lupa di bookmark ya blognya, hehehheeh






Langkah – langkah pembuatan gurita animal vector :

Gunakan pen tool untuk membentuk poin – poin sebagai pola dasar gurita. Sehingga seperti gambar dibawah ini.


















Setelah itu dengan shape tool untuk melengkungkan poin poin pada pola gurita, klik kanan poin tersebut lalu pilih menu to curve. Gunakan panah biru mengatur kelengkungan pada objek 


















Setelah pola terbentuk,  berikan warna gradien pada pola gurita tersebut dengan fountain fill atau dengan cara menekan f11. Fountain fill tersedia pada kumpulan tool di tool box sebelah kiri layout corel draw. Ketentuan fountain fill pada pola gurita tersebut seperti dibawah ini
Untuk membuat  tangan gurita gunakan mengunakan pen tool untuk membuat poin – poin secara satu persatu seperti gambar dibawah ini










Lalu dengan pen tool  kembali buat tangan gurita selanjutnya.  Sehingga polanya seperti gambar dibawah ini  











Setelah  semua tangan  dibentuk polanya dengan pen tool maka dengan mengunakan shape tool, lengkukkan poin  - poin pada pola tangan tersebut dengan klik kanan lalu pilih menu to curve kemudian beri uniform fill (shift + f11) kemudian isi C =0, M = 40, Y = 20, K=0 sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini 




















Kemudian klik satu persatu tangan gurita tersebut sambil menekan shift agar terseleksi semua, kemudian tekan ctrl G (group) Lalu diberikan perintah weld yang terdapat pada menu bar , fungsi weld untuk menjadikan objek menjadi satu kesatuan. Setelah itu, klik objek yang telah di weld tersebut, duplikat tangan gurita tersebut, dengan cara klik tangan gurita tersebut tekan  ctrl + C (Copy) kemudian ctrl + V (Paste) dan berikan uniform fill (f11) C = 6, M = 17, Y = 6, K = 0, sehingga seperti gambar dibawah ini










Setelah itu, klik tangan lalu klik kanan pilih menu Order >> to back of page (ctrl + end), setelah itu dengan menggunakan shape tool maka duplikat tangan gurita tersebut diperbaiki ujung – ujung poinnya dengan menarik panah biru untuk mengatur kelengkunganya. Seperti gambar dibawah ini










Gunaan ellipse tool untuk membentuk tentakel pada tangan gurita kemudian diberikan fountain fill (f11) dengan ketentuan seperti dibawah ini.


















Maka hasil lingkaran tentakel gurita tersebut seperti gambar dibawah ini







Duplikat lingkaran tentakel tersebut sebanyak mungkin dan susun diujung tangan gurita ,  bila diperlukan atur ukuran tiap tentakel agar lebih mudah untuk disusun sehingga seperti gambar dibawah ini 











Selanjutnya  untuk membuat objek mata maka gunakan ellipse tool untuk membentuk lingkaran mata , kemudian berikan fountain fill  dengan ketentuan sebagai berikut
















Sehingga hasil dari gradien dan  lingkaran bola mata luar seperti gambar   

















Setelah itu berikan lingkaran pupil pada mata gurita dengan  menggunakan ellipse tool  dengan diberikan warna hitam yang tersedia pada pallet color sebelah kanan  atau dengan uniform fill (shift + f11) berikan C = 0, M = 0, Y = 0, K = 100,  setelah itu berikan lingkaran kecil dengan warna putih yang tersedia pada pallet color sebelah kanan atau dengan uniform fill (shift + f11)  ketikkan C =0, M =0, Y =0, K =5, duplikat lingkaran kecil sebagai rona mata sebanyak tiga bagian dan disusun disisi mata setelah itu group semua objek dengan menekan shift sambil klik satu persatu objek bagian mata. Lalu tekan ctrl + G (group) sehingga seperti gambar dibawah ini














Duplikat group mata tersebut dengan cara menekan ctrl + C (copy) lalu ctrl + V (paste) dengan menggunakan panah keyboard pindahkan bola mata kearah kanan.  Sehingga seperti gambar dibawah ini. 















Gunakan ellipse tool untuk membuat lingkaran penghias kepala gurita. Dengan mengunakan uniform fill (shift + f11)  ketikkan C = 0, M =100, Y = 0 , K = 0, duplikat  dan susun secara acak dengan ukuran yang berbeda lalu group dengan cara ctrl + G. sehingga seperti gambar dibawah ini











Lalu gunakan perintah effects >> powerclip>> place inside contener pada group lingkaran merah tua tersebut, lalu klik panah hitam kearah tubuh gurita. Atur posisi lingkaran diujung kepala gurita dengan cara klik kanan pilih menu edit content. Setelah selesai mengatur posisi diujung kelapa gurita kemudian klik kanan kembali pilih menu finish editing this level . sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini 















Setelah itu buat pola percikkan air di bawah tangan gurita dengan menggunakan  pen tool. Seperti gambar dibawah ini 




Berikan fountain fill (f11) pada pola percikkan air tersebut. Seperti ketentuan dibawah ini. 


Setelah itu gunakan  shape tool untuk melengkungkan poin – poin pada percikkan air. Dengan cara klik tiap poin lalu pilih menu to curve Seperti gambar dibawah ini

Untuk membuat pola mulut gurita gunakan pen tool diberikan warna dasar putih. Seperti gambar dibawah ini

Dengan menggunakan shape tool maka lengkungkan poin – poin yang membentuk mulut gurita dan berikan fountain fill seperti gambar dibawah ini

Setelah itu berikan outline pada mulut gurita berwarna merah gelap. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya buat kotak dengan rectangle tool dan diberikan fountain fill (f11) dengan setelah itu klik kanan order >> to back of page (ctrl + end )ketentuan sebagai berikut.

Gunakan text  tool untuk mengetik text sebagai penambah nilai seni. Dan gunakan ellipse tool  untuk membuat gelembung air dan berikan uniform fill (shift + f11)C = 40, M =0, K =0, Y =0, lalu dupllikat dan susun di sisi tangan gurita dengan ukuran lingkaran yang berbeda. Sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini

trims,, moga bermanfaat amiin